Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Jengkol

Buah jengkol di beberapa tempat di indonesia merupakan salah satu makanan favourite yang di hidangkan sebagai menu utama, jengkol bisa di sajikan dalam bentuk lalapan ataupun dalam bentuk sayuran, selain itu jengkol juga sudah di populerkan dalam bentuk cemilan yang berupa kerupuk jengkol. Tahukah anda di samping aroma yang tajam, Ternyata jengkol memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Tahukah kamu apa saja manfaat jengkol dan bahayanya untuk kita? Namun perlu di waspadai bagi penderita ganguan ginjal untuk tidak mengkonsumsi jengkol, selain itu mengkonsumsi jengkol agar menggunakan batasan- batasan tertentu yang tujuanya untuk terhindar dari asam jengkolan yaitu dengan mengkonsumsi sebanyak 3 sampai 10 gram/ hari akan baik bagi kesehatan.

jengkolku
jengkolku

Apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan anda?

Jengkol memiliki protein yang cukup tinggi, bahkan hebatnya lagi kandungan protein dalam buah jengkol melebihi angka protein dalam kandungan kacang kedelai dan kacang hijau
Jengkol memiliki kandungan zat besi , di mana zat besi di butuhkan untuk mengatasi kekurangan produksi dan pembentukan sel darah merah, sehingga jika wanita saat datang bulan di wajibkan untuk mengkonsumsi jengkol agar tidak terkena anemia atau kekurangan darah.
Jengkol memiliki kandungan kalsium dan fospor yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis (tulang keropos) serta untuk kekuatan gigi dan tulang anda.
Jengkol memiliki kandungan Vitamin yang lengkap di antaranya fitamin A, B1 dan B2 serta C yang dapat membantu kesehatan mata serta dapat mengusir radikal bebas dalam tubuh, serta jengkol mengandung mineral yang dapat memicu keluarnya urine/ Air kencing. Namun kembali lagi ke atas bagi penderita gangguan ginjal agar tidak mengkonsumsi jengkol.

Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Telalu Banyak

Jengkol mengandung asam jengkolat atau jengkolic acid, ini satu-satunya nama ilmiah yang pakai bahasa Indonesia. Asam jengkolat bersifat sama dengan uric acid (asam urat), yang dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kristal-kristal dalam urine.
Asam jengkolat (jengkolic acid) adalah sejenis asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal berujung runcing yang bisa melukai pembuluh darah di ginjal dan saluran kencing.
Inilah sebabnya mengapa orang yang sering makan jengkol akan jarang buang air kecil. Bila dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.
Kencingnya tidak bisa keluar karena mengalami retensi urine, atau sering juga disebut kejengkolan.
Untuk mengatasinya, asam jengkolat bisa larut dengan menggunakan bikarbonat yang bersifat basa.
Jadi kalau habis makan jengkol minum air putih yang banyak atau minum soda agar tidak terjadi retensi urine

Orang yang kejengkolan atau keracunan jengkol bisa mengalami gejala berikut :
Merasakan nyeri perut
Mual-muntah
Susah buang air kecil atau disebut juga ‘anyang-anyangan’.
Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.

Manfaat Teh Untuk Menghilangkan Jerawat

manfaat teh
manfaat teh

Gaya hidup sehat dapat diterapkan dalam berbagai kebiasaan hidup sehari-hari. Dengan menerapkan berbagai gaya hidup sehat, diharapkan tubuh tidak mudah sakit atau terserang berbagai penyakit. Sehingga berbagai rutinitas dan pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan. Minum teh merupakan salah satu kebiasaan menyehatkan yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat yang dapat diperoleh seseorang dari minum teh dalam meningkatkan kesehatan tubuhnya sepanjang hari. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi teh bagi kesehatan tubuh anda yang dikutip dari Ampas Teh untuk Menghilangkan Jerawat:

Teh Menangkal Dari Kanker. Kandungan antioksidan dalam teh sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam menghambat proses penuaan pada kulit.
Teh Sangat Efektif Menangkal Serangan Jantung Maupun Stroke. Minum teh secara rutin dapat menyehatkan arteri dan menghilangkan berbagai plak yang menempel pada arteri. Selain itu, minum teh dapat mencegah pembekuan pada darah.

Teh Untuk Kesehatan Tulang Anda. Meningkatkan kesehatan tulang harusnya menjadi prioritas yang wajib dilakukan setiap orang. Sebuah studi mengungkapkan, minum terh rutin selama 10 atau lebih dapat meningkatkan kesehatan tulang serta memperkuat massa tulang anda.
Teh Membantu Menyehatkan Gigi Anda. Kandungan fluoride dan tanin dalam teh berperan mengurangi timbunan plak pada gigi anda. Kedua bahan tersebut juga sangat baik untuk menguatkan gigi agar tidak mudah keropos.

Teh Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh. Membiasakan diri untuk minum teh setiap hari berpengaruh sangat besar dalam meningkatkan sistem kebalan atau imun dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Teh Efekti Membantu Program Penurunan Berat Badan Anda. Ini dikarenakan, dengan rutin minum teh akan meningkatkan sistem kerja metabolisme dalam tubuh anda. Sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan secara signifikan.

Teh Tidak Membahayakan Kesehatan Tubuh Anda. Ini dikarenakan, selain tidak mengandung kalori, teh juga dapat menjadi salah satu minuman untuk mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh anda. Sehingga resiko kekurangan cairan tubuh dapat dihilangkan dengan minum teh lebih sering.

Vitamin E
Dalam satu cangkir teh mengandung 100-200 IU (international Unit) vitamin E. Jumlah sebanyak ini merupakan jumlah kebutuhan yang pas bagi manusia dalam sehari. Vitamin E yang cukup dapat membuat jantung terjaga kesehatannya dan kulit menjadi halus mulus.

Vitamin A
Pada teh, Vitamin berbentuk betakaroten yang merupakan salah satu bentuk vitamin A yang mudah dicerna oleh tubuh tanpa perlu proses yang lebih lagi.

Vitamin C
Seperti yang banyak orang tahu, vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Meskipun dalam teh tidak terlalu banyak mengandung vitamin C, namun setidaknya dapat menjadi asupan tambahan vitamin C untuk tubuh anda setelah anda mengkonsumsi buah dan sayuran. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan dan menjaga ketahanan tubuh manusia.

Polifenol
Zat ini paling terkenal diantara lainnya karena sering masuk dalam iklan. Polifenol yang terkandung dalam teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini termasuk dalam kategori antioksidan yang memberikan tenaga pada sel untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu mencegah berkembangnya kanker. Radikal bebas pada umumnya didapat manusia dari polusi udara atau makanan yang dimakannya

Langkah-langkah untuk menghilangkan jerawat dengan ampas teh ini sangat mudah. Bahan utama yag kita butuhkan hanya ampas teh. Ampas teh ini akan kita gunakan sebagai masker wajah. Kandungan vitamin serta antioksidan dalam teh akan sangat bermanfaat bagi wajah kita. Bukan saja akan menghilangkan jerawat, namun dapat juga membantu mengencangkan kulit wajah kita, mencerahkan wajah, sehingga wajah terlihat lebih cantik dan tampak lebih muda. Bukankah keinginan wanita untuk selalu tampil cantik ?. Maka masker ampas teh ini adalah solusi perawatan wajah buat kamu.

Langkah pertama kita bersihkan terlebih dahulu wajah kita dengan menggunakan air bersih. Cuci muka agar wajah lebih rileks sehingga memudahkan penyerapan zat-zat dari ampas teh. Kemudian aplikasikan ampas teh ada seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini terutama pada malam hari. Lakukan secara rutin, dapat dilakukan setiap hari untuk hasil yang lebih cepat.