6 Makanan Penambah Darah Alami Cepat dan Terbukti Ampuh

makanan penambah sel darah merah
makanan penambah sel darah merah

Makanan penambah darah – Anemia atau sering kita sebut dengan kekurangan darah merupakan suatu kondisi dimana kadar hb atau hemoglobin lebih rendah dari keadaan normal. Hemoglobin merupakan bagian sel derah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jadi dengan menurunnya jumlah Hb pada darah, menjadikan badan cepat lemas dan terlihat pucat. Hal ini pula yang menjadi tanda-tanda seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah. Sedangkan hipotensi (tekanan darah rendah) merupakan lawan kata dari hipertensi (tekanan darah tinggi). Kadang kita sering salah mengartikan bahwa seseorang mengalami tekanan darah rendah kita artikan sebagai anemia. Padahal keduanya berbeda, walaupun memiliki ciri yang sama, kadang mengalami pusing dan pucat. Biasanya ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang datang bulan biasanya berpotensi darah rendah. APa saja sih makanan penambah darah itu ?

Lalu apa saja tanda-tanda seseorang mengalami anemia (kekurangan darah) atau hipotensi (tekanan darah rendah):

  1. Kelopak Mata Pucat

Sangat mudah untuk mendeteksi anemia dengan melihat mata. Ketika Anda meregangkan kelopak mata dan memperhatikan bagian bawah mata. Anda akan melihat bahwa bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

  1. Sering Kelelahan

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih, bisa jadi Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang.

  1. Sering Mual

Mereka yang menderita anemia seringkali mengalami gejala morning sickness atau mual segera setelah mereka bangun dari tempat tidur.

  1. Sakit kepala

Orang yang mengalami anemia sering mengeluh sakit kepala secara terus-menerus. Kekurangan darah merah membuat otak kekurangan oksigen. Hal ini sering menyebabkan sakit kepala.

  1. Ujung Jari Pucat

Ketika Anda menekan ujung jari, daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih atau pucat.

  1. Sesak napas

Jumlah darah yang rendah menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini membuat penderita anemia sering merasa sesak napas atau sering terengah-engah ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan.

  1. Denyut Jantung Tidak Teratur

Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung meningkat. Hal ini menyebabkan jantung berdebar tidak teratur dan cepat.

  1. Wajah Pucat

Jika Anda mengalami anemia, wajah Anda akan terlihat pucat. Kulit juga akan menjadi putih kekuningan.

  1. Rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi gejala anemia. Ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, Anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat.

  1. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Ketika tubuh Anda memiliki energi yang sangat sedikit, kekebalan atau kemampuan tubuh untuk melawan penyakit ikut menurun. Anda akan mudah jatuh sakit atau kelelahan.

Lalu bagaimana cara mengatasi darah rendah?. Tidak perlu terlalu panik, kita bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh serta menaikan tekanan darah menjadi normal dengan makanan penambah darah super cepat yang memang sudah dipercaya. Lalu apa saja ?

Makanan yang mengandung Vitamin A terutama dati jenis buah-buahan seperti buah Plum, Aprikort, Jeruk, Semangka, Melon, dan Mangga.

Makanan Kaya Vitamin B Kompleks seperti yang terkandung pada buah Nanas, Delima, Kurma, Alpukat, dan Pisang.

Makanan sumber vitamin c yang terdapat pada buah Jeruk, Nanas, Mangga, Jambu Biji, dan Melon.

Makanan sumber Zat Besi, zat besi atau Fe memegang peranan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya Fe (zat besi) akan dapat mencegah anemia. Sayuran yang mengandung Fe adalah kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau (bayam dan kangkung), kismis kering dan kuning telur. Buah-buahan yang mengandung Zat Fe adalah buah Alpukat, Anggur, Semangka, Cerry, Ara, Raspberry, Plum dan Anggur.

Makanan yang mengandung Asam Folat. Asam Folat merupakan Vitamin B-9 yang termasuk ke dalam Vitamin B-Kompleks. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat sel-sel darah merah baru. Makanan yang mengandung asam folat antara lain terdapat pada sayuran berdaun hijau, jeruk, pisang, sereal, pasta, kacang kering, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya.

Makanan yang mengandung Vitamin B-12. Vitamin B-12 merupakan Vitamin B-Kompleks yang berperanan dalam sintesis DNA dan produksi sel-sel darah merah. Sumber Vitamin B-12 ada dalam hati sapi, ikan, daging merah, telur, sereal dan susu.

Itulah makanan penambah darah untuk mengatasi tekanan darah rendah (hipotensi) ataupun anemia. Jangan lupa konsumsi secara teratur dan konsisten untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa istirahat yang cukup serta rutin olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan terlalu stress dan hindari sering tidur larut malam. Semoga artikel gejala anemia dan makanan penambah darah ini bermanfaat.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Manfaat duan bidara untuk kesehatan kita ternyata sangatlah banyak. Namun banyak orang yang belum mengetahuinya. Daun bidara diperkirakan berasal dari timur tengah. Daun bidara merupakan pohon yang dapat tumbuh pada daerah beriklim panas dan sedikit air. Maka tak heran jika pohon bidara dapat tumbuh subur di Indonesia. Karena beriklim tropis dengan lebih banyak curah hujan.

Manfaat daun bidara sangatlah beragam. Daun bidara dapat kita manfaatkan untuk mengobati penyakit lambung seperti asam lambung atau maag. Daun bidara juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga sangat baik untuk yang sedang mengalami sembelit. selain itu daun bidara juga mengandung antioksidan, sangat cocok untuk yang ingin memiliki kulit sehat dan awet muda.

Berikut ini 5 manfaat daun bidara untuk kesehatan dan mengobati penyakit :

1. Daun bidara mengandung senyawa antibakterial, sehingga sangat efektif untuk mengobati penyakit akibat bakteri ataupun virus, seperti pilek, influenza, flu babi, flu burung dan bahkan HIV/AIDS.

2. Daun bidara mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, kandungan inilah yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam penyakit.

3. Daun bidara mampu mengobati penyakit lambung, antara lain tukak lambung, maag dan bahkan kanker lambung.

4. Mampu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskuler yang sangat berbahaya.

5. Mampu mengobati penyakit diabetes melitus, baik tipe 1, tipe 2 ataupun diebetes gestasional, karena daun bidara mengandung glikemik yang sangat rendah.

Jahe Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Efektif

jahe parut
jahe parut

Cara menghilangkan jerawat dengan jahe – Jahe merupakan salah satu tanaman tradisional yang banyak dimanfaatkan. Rempah-rempah yang satu ini menjadi komoditas utama yang dari zaman dahulu selalu menjadi primadona. Indonesia merupakan penghasil jahe terbaik. Lingkungan dan iklim yang pas menjadi alasan jahe tumbuh dengan mudah di negara kita. Banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan kita. S

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Kandungan Jahe:

Jahe merupakan tanaman yang kaya akan khasiat bagi kesehatan. Misalnya senyawa Phenol, terbukti memiliki efek anti-radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain phenol, rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol. Senyawa ini dikenal baik sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker pun jantung.

Senyawa penting lainnya yang dijumpai pada rimpang jahe adalah minyak atsiri. Minyak ini bermanfaat untuk mereduksi nyeri, sebagai anti-imflamasi dan juga pembasmi bakteri yang baik. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak atsiri ini juga diketahui menyumbang aroma yang khas pada jahe. Sementara itu, sensasi pedas jahe berasal dari zingiberen dan zingiberol yang juga dijumpai dalam minyak atsiri tadi.

Selain kandungan jahe yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak komponen zat lain yang ditemukan dalam jahe. Zat aktif tersebut antara lain mineral sineol, fellandren, minyak damar, kamfer, zingiberin, borneol, zingiberol, gigerol (paling banyak terkandung pada jahe merah), asam aminos, zingeron, vitamin A, B1, C, lipidas, protein, niacin dan masih banyak lagi lainnya.

Jahe memiliki dua jenis, jahe kuning yang berukuran kecil, serta jahe merah. Jahe biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau dijadikan wedang. Itulah alasan dibalik munculnya nama wedang jahe. tapi tahukah anda bahwa jahe juga sangat bermanfaat untuk perawatan wajah dan tubuh. salah satunya adalah masker jahe untuk menghilangkan jerawat.

Bagaimana caranya untuk menghilangkan jerawat dengan jahe ?
Caranya sangat mudah. kita ambil jahe, kemudian parut agar halus. Parutan jahe ini akan kita jadikan sebagai masker pada wajah kita. APlikasikan masker jahe ini pada seluruh wajah. Bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, masker jahe juga akan membantu menjaga kesehatan kulit dari bahaya penuaan dini seperti munculnya kerutan pada wajah. Lakukan secara teratur dan konsisten agar hasil yang didapat optimal.

Terima kasih telah membaca artikel tips menghilangkan jerawat dengan jahe. semoga bermanfaat dan jerawat pun minggat.

Manfaat Air Perasan Lemon Untuk Kesehatan Jika diminum

manfaat lemon
manfaat lemon

Manfaat minum air perasan lemon setiap hari – Lemon merupakan buah yang sangat terkenal. Warna kuning menjadi ciri khas buah yang tergolong keluarga jeruk ini. Lemon memiliki kandungan vitamin c yang lebih tinggi dibanding jeruk lainnya. Harga lemon juga bisa dibilang lebih mahal dibanding jeruk biasa. Lalu apa saja manfaat lemon bagi tubuh ?

air lemon memiliki beberapa manfaat diantaranya, baik untuk pencernaan, dapat membantu mengontrol kadar “alkali” dalam tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi apakah melakukan hal sesederhana itu akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan?

Asam dalam jus lemon “bekerja” bersama tubuh untuk memelihara dan meningkatkan fungsi-fungsi tubuh dengan baik. Demikian menurut Roxanne Sukol, MD, dari Cleveland Clinic Wellness Institute tentang manfaat minum air perasan lemon setiap hari.

“Dengan meminum air lemon, maka kita akan memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mengambil dan memproses nutrisi dalam makanan yang dimakan setelah itu,” katanya.

Penyerapan yang lambat ini baik karena dua alasan. Pertama, menghemat simpanan insulin dalam tubuh (insulin penting dalam mengatur jumlah glukosa dalam darah), dan juga membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang diasup.

“Penyerapan yang cepat terhadap olahan sumber karbohidrat seperti tepung terigu, tepung jagung, dan sirup jagung bisa menjadi mimpi buruk bagi pencernaan”, ia menambahkan.

Selain membantu pencernaan, ada manfaat lain dari air lemon itu sendiri. Yakni, cara yang baik untuk mengkonsumsi vitamin C tanpa kandungan tinggi gula yang dapat ditemukan dalam buah jeruk lainnya” kata Sukol.

Manfaat untuk Kesehatan

Lemon merupakan sumber yang sangat kaya vitamin c. vitamin c sangat penting untuk membuat tubuh kebal dari virus penyebab batuk dan pilek . Selain itu juga mengandung flavonoid, dimana yang juga berguna untuk melawan virus dan membuat tubuh tetap fit .
Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH tubuh .
Minum jus lemon dengan air hangat di pagi hari akan membantu pergerakan usus, sehingga menjadi teratur dan mudah. Ini adalah salah satu manfaat tertentu jus lemon, dan pasti bisa berguna saat Anda merasa sulit BAB. Atau bagi yang bermasalah dengan gerak usus, maka akan sangat terbantu dengan minum jus ini.
Jus lemon dapat membantu untuk melarutkan asam urat dan racun lainnya, serta membantu untuk mencairkan empedu, sehingga membantu untuk merangsang hati dan mendetoksifikasinya.
Dalam pengobatan tradisional, lemon sangat diakui karena bisa membantu masalah lambung, membantu untuk menjaga penglihatan agar tajam.
Vitamin C yang ditemukan dalam lemon membantu untuk menetralkan radikal bebas, yaitu penyebab utama penuaan dini dan berbagai penyakit .
Lemon telah ditemukan sebagai makanan satu-satunya di dunia yang anionik (ion dengan muatan negatif), jadi sangat penting bagi tubuh.
Gangguan mata telah mengalami pemulihan setelah mengkonsumsi lemon secara rutin .
Salah satu kegunaan jeruk lemon yang telah ditemukan adalah mengandung 22 senyawa anti kanker, yang meliputi limonene yang berfungsi memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan glikosida flavonol yang dapat menghentikan pembelahan sel pada sel kanker.
Manfaat lemon juga termasuk membantu menghilangkan cacing dalam tubuh, yang menjadi penyebab masalah kesehatan terkait cacingan.
Kulit Lemon mengandung tengeretin yang telah terbukti efektif untuk membantu gangguan otak seperti penyakit Parkinson.
Lemon dikenal karena sifat antibakterinya, dan dapat menghancurkan virus malaria, kolera, difteria, tipus dan bakteri lainnya.
Vitamin P yang terkandung dalam lemon membantu memperkuat pembuluh darah.
Penggunaan lemon juga telah diperhatikan dalam pengobatan tekanan darah tinggi.
Vitamin C dalam lemon bisa membantu untuk mengobati kudis.
Angkatan Laut Inggris membekali kapal perangnya dengan jeruk lemon, yaitu untuk membuat 1 ons jus lemon bagi setiap pelaut setiap hari.
Asam sitrat dalam lemon membantu melarutkan batu empedu, batu batu ginjal, serta deposit kalsium.