4 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

manfaat daun pepaya

manfaat daun pepaya

Di Indonesia, pepaya dibudidayakan secara besar-besaran. Hal ini menandakan permintaan konsumen terhadap buah pepaya cukup tinggi. Buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah meja yang nikmat dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Selain nikmat, pepaya juga diketahui memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia terutama yang berhubungan dengan kesehatan perut. Bukan rahasia lagi, pepaya populer sebagai obat “pencahar” alami yang ampuh mengusir sembelit.

Selain itu, buah pepaya juga dikenal sebagai sumber vitamin yang baik. Buah pepaya memang komplit. Tapi tahukah Anda bahwa tak hanya bagian buah dari pepaya saja yang memiliki beragam manfaat? Sejatinya, bagian tanama pepaya lainnya juga menyimpan khasiat. Salah satunya adalah daun pepaya. Bagian ini dikenal memiliki rasa yang pahit. Meski demikian, manfaat daun pepaya membuatnya populer dikonsumsi oleh masyarakat baik sebagai lalap atau diolah terlebih dahulu.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun pepaya memiliki kandungan anti kanker, sehingga dapat menghambat perkembangan sel kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang dapat diobati dengan konsumsi daun pepaya secara rutin adalah kanker serviks, kanker prostat, kanker payudara, kanker hati, dan kanker pankreas. Daun pepaya sangat direkomendasikan dalam proses kemoterapi kanker yang dinilai aman, dikarenakan tidak merusak sel sehat yang berada di sekitar tempat berkembangnya sel kanker.

Pada penelitian yang telah dilakukan ilmuwan di universitas Florida membuktikan bahwa pada daun pepaya mengandung zat antikanker yang dapat menghancurkan protein yang digunakan oleh sel kanker untuk berkembang. Selain itu, pada daun pepaya juga mengandung zat yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh penderita sehingga dapat meminimalisir efek kemoterapi kanker yang dilakukan. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Memproduksi sel darah merah: Antioksidan penting pada daum pepaya seperti vitamin A, C , asam folat dan vitamin B12 berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini menunjukkan bahwa makan daun pepaya dapat membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Mengkonsumsi Daun pepaya menunjukkan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan produksi sitokin tipe Th1 pada daun pepaya. Sitokin tipe Th1 adalah kelompok limfosit yang diproduksi untuk meningkatkan respon terhadap kekebalan tubuh.

Memiliki Efek Anti-bakteri: Penelitian lain menunjukkan bahwa daun pepaya menunjukkan aktivitas anti-tumor pada manusia yang mengidap. Daun pepaya memiliki efek ini dengan mengubah aktivitas kekebalan tubuh, hal ini mengakibatkan apoptosis (kematian sel kanker) , dan menghambat pertumbuhan tumor. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung senyawa anti-bakteri yang efektif terhadap bakteri gram positif dan gram negatif.

Membantu pencernaan: Enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu mencerna protein, dan oleh karena itu bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan.

4 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan | rasyid93 | 4.5