Cara Mengusir Nyamuk Berbahaya Penyebab Penyakit

nyamuk malaria

Cara mengusir nyamuk – banyak sekali jenis nyamuk yang berbahaya disekitar kita. Umumnya nyamuk-nyamuk yang berbahaya bagi kita ialah yang berjenis betina. Sebut saja seperti nyamuk Aedes aegepti yang menjadi penyebab demam berdarah, adapula nyamuk anopeles yang menyebabkan penyakit malaria.

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali obat pengusir nyamuk yang ada disekitar kita. Mudah sekali kita menjumpai obat nyamuk bakar, obat nyamuk oles, obat nyamuk semprot. Namun sayangnya, obat-obat nyamuk ini sangatlah berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu lama. Sejatinya obat ini mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kita.

Obat nyamuk bakar menjadi penangkal nyamuk yang paling berbahaya, asap akibat obat nyamuk ini dapat mengakibatkan sesak nafas dan penyakit lainnya pada saluran pernafasan kita. Sedangkan obat nyamuk oles, dapat menyebabkan alergi pada kulit. parahnya kadang banyak yang tidak cuci tangan setelah menggunakan obat nyamuk oles, sehingga menyebabkan keracunan ringan. Biasanya mulut terasa pahit.

Namun tidak perlu khawatir, masih ada bahan-bahan alami disekitar kita yang dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Apa saja itu ? Berikut ini cara mengusir nyamuk secara alami dengan bahan-bahan tradisional :

Minyak Nimba
Minyak nimba diketahui memiliki sejumlah manfaat yang besar bagi tubuh manusia, tetapi selain menjadi obat mujarab untuk kesehatan Anda, nimba juga merupakan pengusir nyamuk yang ampuh. Bahkan ada sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the Association of Amerika dalam pengontrolan nyamuk menemukan bahwa pencampuran minyak nimba dengan minyak kelapa dalam rasio 1: 1 adalah cara yang sangat efektif untuk mengusir nyamuk yang sangat efektif. Bahkan olesan minyak tadi sangat berguna untuk kulit anda sebagai antibakteri ampuh, anti-jamur, antivirus dan agen anti-protozoa, namun memberikan efek bau yang sangat tidak disukai nyamuk pada kulit anda. Ini akan melindungi Anda dari gigitan nyamuk selama setidaknya delapan jam.

Minyak Lemon dan kayu Putih
Campuran minyak lemon dan minyak kayu putih sangat efektif dalam mengusir nyamuk secara alami. Komponen cineole aktif yang berada dalam kandungan bahan tersebut memiliki sifat antiseptik dan serangga menolak bila diterapkan pada kulit. Untuk menggunakan campuran ini, campuran minyak lemon dan minyak kayu putih dalam proporsi yang sama dan menggunakannya pada tubuh Anda.

Kapur barus
Menggunakan kapur barus juga merupakan bahan alami yang tidak disukai nyamuk. Terbuat dari ekstrak pohon senyawa ini memiliki aktivitas anti nyamuk jika dibandingkan dengan produk alami lainnya. Tempatkan kamper atau kapur barus ditempat tempat didalam rumah anda yang banyak nyamuk akan mengatasi masalah tersebut dan rumah anda dijamin bebas nyamuk.

Kemangi
Menurut data yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Parasitologi bau dari pohon kemangi sangat efektif dalam membunuh larva nyamuk dan membantu mengusir nyamuk. Hanya dengan menanam pohon kemangi dekat jendela atau sudut rumah Anda maka nyamuk tidak akan berani mendekat karena tidak suka bau kemangi ini. Tanaman ini memiliki sifat yang tidak memungkinkan nyamuk berkembang biak dan akan mencegah mereka memasuki rumah Anda.

Bawang putih
Cara terbaik untuk mengusir nyamuk adalah dengan bau bauan yang tajam dan untuk itulah mengapa nyamuk menjauh. Bau yang kuat dan tajam bawang putih dikenal untuk mencegah gigitan nyamuk dan bahkan mencegah mereka memasuki rumah Anda. Jadi untuk menggunakan obat ini Anda bisa menghancurkan beberapa polong bawang putih, direbus dalam air dan menggunakan air untuk menyemprot di sekitar ruangan Anda. Jika Anda adalah tipe pembenci (atau benar-benar benci nyamuk), Anda juga bisa semprotkan pada diri sendiri untuk menghindari gigitan nyamuk jika anda tahan baunya