Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

Manfaat buah bengkoang

Manfaat buah bengkoang

Manfaat buah bengkoang Bengkoang adalah tanaman yang dimanfaatkan umbi akarnya sebagai sayuran atau buah, yang populer dan tumbuh dibanyak negara-negara Amerika Tengah, Asia selatan, Karibia, Amerika Selatan. Umbi bengkoang renyah dan menyegarkan, renyah, karena kaya akan kandungan air. Di Indonesia, bengkoang umumnya  dimakan mentah sebagai buah atau sering digunakan sebagai salah satu bahan rujak. (Manfaat Buah Bengkoang)

Buah Bengkoang yang bernama ilmiah: Pachyrhizus erosus, adalah tanaman merambat tahunan tumbuh keras di iklim semitropis dan tropis. Bengkoang memiliki karakteristik pertumbuhan yang sama seperti koro atau tanaman spesies kacang dari spesies lain. Fitur yang paling membedakan adalah berbentuk bulat, berdaging, sebagai umbi akar yang berada dibawah permukaan tanah. Tidak seperti umbi akar lainnya seperti  kentang atau ubi jalar yang kulitnya dapat dimakan, buah bengkoang memiliki kulit berwarna warna cokelat tebal. Di dalamnya adalah daging tepung putih yang memiliki tekstur renyah,manis dan lezat seperti buah/manfaat bengkoang.

Rasa manis yang dalam buah bengkoang ini berasal dari oligokasarida yang disebut inulin.

Kandungan bengkoang :

Thiamin 0.020 mg 2%

Vitamin A 21 IU 1%

Vitamin C 20.2 mg 34%

Vitamin E 0,46 mg 3%

Vitamin K 0,3 mg

Besi 0.60 mg 7%

Magnesium 12 mg 3%

Mangan 0.60 mg 3%

Seng 0,16 mg 1%

Phyto-nutrisi

Kalium 150 mg 3%

Kalsium 12 mg 1%

Tembaga 0,048 mg 5%

Energi 38 Kcal 2%

Karbohidrat 8.82 g 7%

Protein 0,72 g 1%

Total Lemak 0.19 g

Kolesterol 0 mg 0%

Diet Serat 4,9 g 13%

Folat 12 mg 3%

Niacin 0.200 mg 1,5%

Asam pantotenat 0,135 mg 3%

Pyridoxine 0,042 mg 3%

Riboflavin 0,029 mg 2%

Karoten-ß 13 ug –

Karoten-α 0,011 mg 1%

 

Buah bengkoang yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin yang paling tinggi Bengkoang adalah vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, kalsium dan lain-lain. Karena kandungan air yang tinggi, bengkoang dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan cairan dalam tubuh. Buah bengkoang juga dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bengkoang biasanya juga digunakan dalam produk kecantikan, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion, karena memiliki efek melembabkan dan mendinginkan.

 

Dalam sebuah penelitian, Buah bengkoang ditemukan mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan kulit kartena radikal bebas. Sementara itu Zat fenolik dalam umbi bengkoang cukup efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga perubahan warna kulit akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah atau dikurangi

 

Berikut adalah Beberapa Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan :

 

1 . Manfaat Bengkoang mengobati Wasir

Serat dalam bengkoang bisa membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena manfaat serat adalah membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

 

2 . Manfaat Buah Bengkoang Mengobati Demam

Bengkoang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkoang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .

 

3 . Manfaat Buah Bengkoang Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus

Disamping menggunakan obat dokter, bengkoang bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan yang terkandung dalam bengkoang berperan menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkoang bisa dibuat jus atau diparut kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

 

4 . Manfaat Bengkoang Mengobati Sariawan

Sariawan mulut merupakan gejala pengikisan kulit mulut pada bagian dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab tamanya adalah kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  Bengkoang yang bekerja sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Bengkoang bisa diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.

 

5 . Sumber fitoestrogen Alami

Fitoestrogen sangat diperlukan oleh wanita untuk mempertahankan kualitas hidup mereka di usia tua. Ketika wanita memasuki masa menopause, maka tubuh tidak lagi memproduksi estrogen dalam jumlah yang cukup, sehingga akan mengalami kecenderungan  kemunduran fisik, termasuk kulit keriput lebih cepat dan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Bengkoang adalah salah satu makanan yang mengandung estrogen, dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

 

6 . Manfaat buah Bengkoang Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah

Terapi jus bengkoang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.

 

7 . Mengurangi Produksi Asam Lambung

Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkoang dalam keadaan segar.  Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

 

8 . Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkoang  bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga relatif  bisa terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

 

9 . Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan

Nutrisi dalam Bengkoang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang baik untuk paket kecantikan. Tidak mengherankan jika saat ini bengkoang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai krim dan lotion tubu . Salah satu cara tradisional perawatan kecantikan wajah adalah dengan membuat masker wajah dari bengkoang . Caranya sangat mudah, parut bengkoang dan kemudian tumbuk sedikit sebelum mengaplikasikannya pada wajah dengan menggosoknya sebentar dengan gerakan memutar. Manfaat yang akan didapatkan dengan cara ini adalah melindungi kulit wajah dari panas matahari, mencerahkan kulit wajah secara alami, dan membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker yang terbuat dari bengkoang akan meredakan atau mengempiskan jerawat dan membantu mengurangi bekas luka akibat jerawat.

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan | rasyid93 | 4.5